VISI

Visi Pembangunan Kabupaten Lembata tahun 2012-2017 adalah :

 

”TERWUJUDNYA KABUPATEN LEMBATA YANG DEMOKRATIS, PRODUKTIF, BERDAYA SAING DAN SEJAHTERA DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT YANG AGAMIS MELALUI PENGUATAN SEKTOR PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, PERTANIAN DAN PARIWISATA PADA TAHUN 2017”

Visi tersebut di atas mengandung pengertian sebagai berikut :

Demokratis, mengandung pengertian bahwa penyelenggaraan pemerintahan diwarnai dengan sikap santun yang saling menghargai dalam setiap perbedaan dalam berfikir maupun bertindak, sertamelibatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pengambilan keputusan bersama yang berkeadilan serta berlandaskan hukum. Masyarakat yang demokratis adalah masyarakat yang memiliki tingkat empati yang tinggi serta mampu memahami diri dan lingkungannya sehingga dapat saling menghormati dan menghargai.

Produktif, menandung pengertian bahwa kualitas dan kuantitas kerja masyarakat Kabupaten Lembata semakin meningkat dalam upaya mewujudkan pilar utama peningkatan perekonomian daerah.

Berdaya saing, mengandung pengertian bahwa Kabupaten Lembata memiliki potensi dan keunggulan serta dapat menonjolkan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan dalam bidang pertanian, perindustrian dan perdagangan.

Sejahtera, mengandung pengertian pencapaian kesejahteraan masyarakat harus didasarkan pada nilai-nilai luhur keagamaan. Masyarakat Kabupaten Lembata yang sejahtera mengandung pengertian bahwa kondisi kehidupan individu dan masyarakat dapat terpenuhi, baik kebutuhan lahir maupun batin. Kesejahteraan yang dilandasi dengan nilai-nilai keagamaan ini, akan mengarah pada kondisi masyarakatsejahtera yang bermarabat yang ditandai dengan semakin meningkatnya kualitas kehidupan yang layak dan terpenuhinya kebutuhan dasar manusia, seperti pangan, papan, sandang, kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja, yang didukung oleh infrastruktur fisik, sosial budaya ekonomi yang memadai.

Agamis, mengandung pengertian bahwa masyarakat Kabupaten Lembata senantiasa menerapkan norma agama dalam kehidupan sehari-hari dan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki akhlak mulia.

 

Berdasarkan visi tersebut, arah pembangunan Kabupaten Lembata sampai dengan Tahun 2017 akan dititikberatkan pada pembangunan sektor perindustrian, perdangan, pertanian dan pariwisata sebagai core business perekonomian masyarakat Kabupaten Lembata. Namun demikian, bukan berarti sektor lain tidak menjadi prioritas pengembangan, akan tetapi akan dijadikan sarana pendukung kemajuan ketiga sektor unggulan tersebut.

Bidang Perindustrian, pembangunannya akan diarahkan pada pembangunan industri baik skala kecil, menengah maupun besar dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan. Sektor perindustrian skala kecil yang dimaksud disini adalah pengembangan sektor industri rumah tangga yang dapat menopang kehidupan masyarakat kecil. Sedangkan industri sedang disini diarahkan pada pengembangan agroindustri yang dapat menunjang sektor pertanian. Dengan demikian, akan diperoleh keuntungan sekaligus dari sektor pertanian maupun sektor industri karena dapat memberikan nilai tambah bagi kedua sektor tersebut. Sedangkan industri besar yang dimaksud disini adalah pengembangan kawasan industri yang sudah ada maupun yang akan dikembangkan di kabupaten Lembata.

Bidang Perdagangan, Pembangunan diarahkan pada pengembangan perdagangan dasar yang dapat merangsang perkembangan industri kecil dan menengah sebagai basis ekonomi lokal. Sektor perdagangan akan semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya perekonomian Kabupaten Lembata yang ditandai dengan semakin berkembangnya sektor pertanian dan perindustrian juga perkembangan sektor perumahan. Sektor ini akan senantiasa dikembangkan sehingga memiliki nilai jual dalam perekonomian global. Perdagangan akan diarahkan pada penguatan perdagangan skala lokal yang kemudian akan ditingkatkan sampai skala nasional dan internasional, sehingga mampu menghasilkan citra produk unggulan daerah Kabupaten Lembata.

Bidang Pertanian, pembangunannya akan diarahkan pada pengembangan jaringan irigasi, khususnya irigasi pertanian yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Selain peningkatan irigasi pertanian, dilakukan juga optimalisasi hasil perkebunan dan hasil hutan. Upaya intensifikasi dan diversifaikasi pertanian juga akan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi pertanian. Oleh karena itu, dibutuhkan konsistensi anggaran yang berpihak pada sektor ini agar dapat menggerakan perekonomian masyarakat Kabupaten Lembata secara signifikan, mengingat sektor pertanian merupakan sumber mata pencaharian masyarakat Kabupaten Lembata.

Bidang Pariwisata, Pembangunannya akan diarahkan kepada sektor industri yang merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara sehingga mampu menjadikan daya tarik para investor untuk berinvestasi sekaligus menjadi pusat kunjungan wisata, menjadikan daerah-daerah pesisir, situ-situ, peninggalan-peninggalan sejarah sebagai obyek wisata baru, membangun gedung pusat seni budaya tradisional dan mendorong pelestarian seni budaya tradisional.

MISI

Untuk dapat mengantisipasi kondisi dan permasalahan dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Lembata serta dalam mewujudkan visi Kabupaten Lembata, ditetapkan 5 (lima) Misi RPJMD Kabupaten Lembata 2012-2017, yaitu :

1.     Meningkatkan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat.

2.     Meningkatkan daya saing daerah dalam bidang perindustrian, perdagangan, dan pertanian.

3.     Mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

4.     Melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

5.     Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang partisipatif, responsif, akuntabel, transparan dan Profesional.

Additional information