POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --Setiap agama mengajarkan umatnya untuk berbuat baik, bersikap toleran, saling menghormati satu sama lain walaupun dalam keberagaman. Tak satu pun agama di dunia ini yang mengajarkan kebencian, mengajarkan permusuhan.


Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata, Dra. Dorothia Nahak Betekeneng, M.H, dalam sambutan tertulis pada acara halal bi halal dan silaturahmi Badan Kontak Majelis Ta'lim di Loang, Kecamatan Nagawutun, belum lama ini.

Acara tersebut dihadiri Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, S.T bersama  pimpinan satuan kerja perangkat daerah. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lembata, Mochtar Sarabiti, para camat se-Kabupaten Lembata, Pastor Paroki Mingar bersama umat dan undangan lainnya.

Dikatakannya, sikap keagamaan seseorang, senantiasa tercermin dari perilakunya dalam hidup bermasyarakat. Sikap itu juga mengantar seseorang untuk hidup menjadi lebih baik. Sebab agama bukan hanya mengandung aspek spiritual, tetapi juga mengajarkan aspek-aspek lainnya.

Dorothia mengajak seluruh umat beragama, khususnya tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, agar bahu membahu membangun kerukunan dan kerja sama dalam menghadapi aneka persoalan di tengah masyarakat.

Kerukunan dan kerja sama itu, kata dia, sangat besar pengaruhnya dalam merenda kehidupan sehari-hari. Mengokohkan dua aspek itu, lanjut dia, bisa melalui silaturahmi, bisa melalui dialog, bisa juga melalui kerja sama yang intensif.
Harus diingat, lanjut Dorothia,  kerukunan dan kerja sama itu merupakan proses yang berkelanjutan. Untuk itu, sangatlah baik apabila setiap umat senantiasa merawat dan menumbuhkan dua item ini demi kemaslahatan hidup masyarakat.

Dia juga mengatakan, acara yang dilangsungkan di Loang itu, telah mencerminkan kerukunan dan kerja sama antarumat beragama. Pasalnya, untuk menyukseskan acara tersebut, semua umat beragama turut mengambil peran yang aktif.

Sebagai misal, lanjut dia, di Kecamatan Nagawutun itu, jumlah umat yang beragama Islam sebanyak 1.214 jiwa dan umat Katolik 9.245 jiwa. Semua umat bahu membahu menyukseskan acara tersebut.

"Ini mencerminkan kerukunan umat yang amat luar biasa di Kecamatan Nagawutun. Saya atas nama lembaga, memberikan apresiasi atas suksesnya panitia dan kerja sama semua pihak dalam menyelenggarakan acara tersebut. Saya bangga paduan suara dari umat Paroki Mingar dan majelis Ta'lim mampu menyanyikan mars Badan Kontak Majelis Ta'lim secara baik. Ini luar biasa," ujar Dorothia.

Dia juga menyebutkan, acara halal bi halal yang berlangsung di Loang, Ibukota Kecamatan Nagawutun, merupakan kegiatan yang keenam dalam enam tahun berturut-turut. Acara ini juga diselenggarakan secara bergilir dari kecamatan ke kecamatan.

Ia yakin, pada tahun-tahun mendatang acara seperti itu akan berlangsung lebih sukses lagi. Pasalnya, semua kecamatan, semua komponen, selalu berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik dalam acara tersebut.  (kro)

Additional information