Sunday, April 22Pemerintah Kabupaten Lembata

TERLALU SIBUK HAL DUNIAWI KITA LUPA HAL ROHANIA

Membawakan Smbutan. Wakil Bupati Lembata Dr. Thomas Ola Langodai,M.Si membawakan sambutan saat resepsi Pelepasan dan penerimaan Pastor di Paroki St. Fransisikus Asisi Lamahora, (Foto M.Molan Dok.Kominfo LBT )

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langodai menyampaikan  pesan moral bahwa sebagai pejabat apapun  di daerah kadang   sibuk dengan  kegiatan duniawi dan  kadang lupa dengan kegiatan-kegiatan rohania atau gerejawi. Lupa akan berbagai kewajiban seperti iuran, memberi sumbangan, derma, mengaku dosa  dan berbagai kegiatan di gereja yang bermanfaat membangun sumber daya manusia khususnya membangun  iman dan semangat hidup kristiani kita.  Untuk itu  selaku Wakil Bupati   terkhusus pribadinya yang saat ini menjadi umat paroki Lamahora ia membuka diri membangun relasi dengan pihak gereja dan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya untuk sama-sama membangun masyarakat yang juga adalah umat.

“Pintu rumah kami terbuka untuk pastor paroki,  pengurus Dewan Pastoral paroki dan pengurus basis, semua boleh datang dan berdiskusi   tentang bagaimana membangun sumberdaya manusia kita, membangun relasi kehidupan antar umat beragama kita, membangun paroki dan  daerah kita, atau informasikan pada kami bersama pastor paroki, kita minum kopi di rumah ketua KBG dan berbicara dari hati ke hati untuk membangun paroki dan daerah ini.”

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langodai saat membawakan  sambutan dalam acara resepsi pelepasan Pastor paroki St. Fransisikus Asisi Lamahora P. Paulus Nuho Kelen,C.Ssr   kembali ke Provinsial C.SSr Indonesia di Sumba dan penerimaan P. Barnabas Sili Ngongo,C.SSr sebagai pastor paroki baru. Acara berlangsung di Pelataran Tabisan samping gereja Lamahora, Minggu 11 Pebruari 2018 pukul 10.30 Wita.  Kepada kedua pastor baik yang datang mau pun yang pergi Wakil bupati Lembata  berpesan, semangat misioner membara seperti seorang atlit olahraga dengan semboyan Vini, Vidi,Visi. Saya datang saya lihat dan saya menang. Saudara akan mendatangi tempat dimana saudara bertugas, saudara akan melihat dan merasakan susa senang kehidupan umat dan  berjuang untuk memenangkan  dan menyembuhkan penyakit kusta moderen baik fisik maupun psikis.  Diakhir sambutannya wakil bupati Langodai meminta agar setiap pastor dalam menjalankan tugas karya pastoral  berani dan tidak  takut karena pemerintah dan masyarakat yang adalah umat Tuhan selalu mendoakan dan karya Tuhan menyertai selama menjalankan tugas.

Deken Lembata Rm. P. Sinyo da Gomes,Pr dalam sambutan juga menegaskan pentingnya kerja sama yang sinergi antara  gereja, pemerintah dan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya.  Suksesnya karya seorang pastor adalah  suksesnya  umat yang juga adalah masyarakat yang hidup dalam kelompok-klompok  tertentu.  Gagalnya  karya seorang pastor adalah gagalnya umat yang  juga adalah masyarakat.  Diakhir sambutan Romo deken meminta para biarawan biarawati yang ada di Lamahora dan Lembata umumnya agar ikut serta terlibat bersama pastor turun ke KBG dan lingkungan untuk membina tumbuh kembang iman umat. Dengan demikian Romo deken memastikan,  penghayatan hidup sebagai pelayan umat dalam serikatnya lebih nyata, mantap dan  matang.  Ia juga mengakui jika keberadaan biarawan dan biarawati  dengan kharisma serikat masing-masing di dekenat Lembata dan Lamahora khususnya  adalah kekayaan gereja yang patut di syukuri karena  semakin banyak konggergasi yang berkarya di bumi Lembata maka perkembangan dan pertumbuhan   iman umat pada generasi-generasi berikutnya   akan lebih baik kedepan.

Dalam acara itu  Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langodai,  Deken Lembata,Rm. Philipus Sinyo da Gomes,Pr, bersama  Pastor paroki dan seluruh umat yang hadir di suguhi hidangan makan siang dari umat yang tersaji diatas meja makan perlingkungan se paroki St.Fransiskus Asisi Lamahora dan dihibur dengan nyanyian dan tarian yang dibawakan oleh anak-anak TKK, SD dan SLTP dari Santres Lamahora.     Selamat Jalan P. Pulus Nuho Kelen,C.SSr ke tempat Tugas yang baru dan selamat berkarya   P. Barnabas Sili Ngongo,C.SSr di Lamahora Lembata. (M.Molan/Kominfo Lbt)