Sunday, April 22Pemerintah Kabupaten Lembata

MASYARAKAT LAMAGUTE DAN WAIMATAN SIAP DIRELOKASI

Masyarakat desa Lamagute dan Waimatan di Kecamatan Ileape Timur yang sejak 10 Oktober 2017 lalu mengungsi akibat guncangan gempa akhirnya setuju dan siap di relokasi oleh Pemrintah Daerah Kabupaten Lembata. Jawaban siap untuk direlokasi tersebut spontan dari masyarakat saat ditanya Bupati Lembata yang berkunjung ke desa Waimatan pada Kamis, 2 November 2017.

Bupati Sunur menegaskan jawaban siap direlokasi itu komitmen dan tidak beruba lagi sehingga pemerintah daerah tidak berfikir untuk membujuk-bujuk masyarakat soal mau atau tidak. “ kalau siap itu jangan berfikir tidak mau lagi. Jangan sampai hari ini siap direlokasi namun besok mulai terima telepon dari Batam, dari Malasia dari Kupang dan mulai berubah pikiran”

Dengan adanya ksiapan masyarakat untuk direlokasi tersebut pemerintah daerah saat ini fokus untuk menentukan lokasi yang tepat disertai kesiapan lahan, sarana prasarana, dan bahan kebutuhan dasar masyarakat saat berada dilokasi yang baru. Terhadap rencana pemindahan tersebut.

Bupati Sunur berjanji akan membicarakan lagi secara lebih mendalam bersama toko masyarakat, tokoh-tokoh adat dan tokoh agama yang ada baru dapat dipindahkan. Ia juga mengakui bahwa menindahkan kelompok masyarakat bukan masalah yang mudah karena yang akan dipindahkan bukan saja manusianya namun karakteristik budaya, tradisi masyarakatnya. Ia juga mengkisahkan sejak 2 tahun jadi bupati pada priode I kedua desa ini telah direkomendasikan untuk pindah karena berpotensi terjadi longsoran.

Mengakhiri sambutan dalam kesempatan tersebut bupati berpesan agar tetap berada dikampunghalaman namun waspada dan jaga diri baik-baik dan bila ada hal-hal yang mengkhawatirkan bila kembali ke lwoleba karena ini soal nyawa.

Dalam acara tersebut juga kepala desa Lamagute dan Waimatan membacakan surat pernyataan untuk siap direlokasi yang di ditandatangani kepala desa dan ketua BPD dan disetujui oleh seluruh masyarakat dan ikut menandatangani persetujuan tersebut. . Dokumen yang memuat perrnyataan kesediaan masyarakat selanjutnya langsung diserahkan kepada Bupati Lembata oleh kedua kepla desa.. (mm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *