Selasa, September 25Pemerintah Kabupaten Lembata

BUPATI SUNUR MENUTUP RAIMUNA DAERAH SEKALIGUS MELEPAS KONTINGEN RAIMUNA NASIONAL

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur menutup seluruh rangkaian kegiatan Raimuna Daerah tingkat Provinsi NTT dan sekaligus melepas pergikan rombongan peserta Raimuna Nasional di Cibubur. Rangkaian acara pelepasan tersebut masuk dalam kegiatan Apel penutupan dan malam api unggun pada Senin malam tepat pukul 20.00 Wita di lokasi bumi perkemahan Desa Waijarang kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata. Penutupan rangkaian kegiatan Raimuna Daerah ditandai dengan pelepasan tanda peserta oleh Bupati Lembata dan pelepasan peserta kontingen ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Bupati Lembata kepada siswa Perwakilan peserta Raimuna Nasional.

Sebagaimana diliput staf Diskominfo dilokasi kegiatan, dalam upacara penutupan itu Bupati Lembata juga diberi kehormatan untuk menyalakan Api Ungggun dan disambut tepukan tangan para peserta mengelilingi nyala api unggun tersebut.

Data yang terangkum dalam laporan panitia penyelenggara menyebutkan peserta akan berangkat mengikuti Raimuna Nasional sebanyak 377 anggota, pimpinan Kontingen daerah 1 Orang, Pembina pendamping sebanyak 27 orang hingga total peserta 405 orang. Yang tidak ikut dalam Raimuna Daerah dan Raimuna Nasional yakni dari Kwarcab Alor, Ende, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Manggarai Timur, Ngada dan Sumba Barat. Panitia penyelenggara memastikan sebagian besar rombongan peserta Raimuna Nasional akan berangkat menuju Jakarta dengan KM Pelni Umsini dari pelabuhan Laut Lewoleba pada tanggal 1 Agustus 2017 sedangkan peserta asal Kwarcab Sumba Timur, Malaka, Rote Ndao, Kabupaten Kupang akan berangkat pada tanggal 10 Agustus dengan pesawat terbang melalui Bandara Eltari Kupang.

Dalam sambutannya Bupati Sunur menyatakan Gerakan Pramuka adalah organisasi kepemudaan yang secara intens mempersiapkan generasi muda yang akan tumbuh menjadi kader-kader pemimpin masa depan yang militan. Oleh karena itu Bupati Lembata menghimbau agar kegiatan pramuka baik kegiatan tingkat, Kwarcab, Kwarda maupun Tingkat Nasional selalu dimanfaatkan untuk sarana belajar guna membentuk sikap dan karakter. Manusia yang baik menurut Bupati Sunur mampu memimpin dirinya sendiri, berbudi pekerti dan berperilaku baik serta bermoral ditengah kehidupan sosial masyarakat dan mencintai semangat nasionalisme atau kebangsaan.

Menyerahkan Bendera : Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur menyerahkan Bendera Peserta Kontingen Raimuna Nasional kepada Perwakilan Peserta
Senin, 31 Juli 2017. ( Foto Dok. Kominfo)

Kepada 405 peserta yang akan berangkat mengikuti Raimuna Nasional Bupati Lembata mengharapkan sebagai duta duta gerakan Pramuka NTT agar selalu tampil dengan baik, menjaga etika dan sopan santun, berkomunikasi yang baik,menjaga harkat dan martabat daerah NTT sambil memupuk persatuan dan semangat persaudaraan serta nasionalisme dengan berbaur dengan peserta lain yang datang dari seluruh daerah se-Indonsia.