Sunday, June 24Pemerintah Kabupaten Lembata

DISKOMINFO PINTU UTAMA DATA SEKTORAL

Berhubung saat ini sudah ada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata maka sudah saatnya pintu utama seluruh data Sektoral dapat ditangani Dinas Komunikasi dan Informatika. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lembata Paulus Puru Bebe dalam rapat Evaluasi kegiatan pada hari Senin, 24 Juli 2017 pukul 10.00 Wita di ruang Pimpinan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata.

Rapat terbatas yang diikuti kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lembata bersama para kepala Bidang dan kepala-kepala seksi bersama Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lembata dan 4 orang staf itu guna mengevaluasi Penyelenggaraan Forum Group Discution Menuju Lembata satu Angka yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lembata.

Kepala BPS Kabupaten Lembata Paulus Puru Bebe menjelaskan selama ini Badan Pusat Statistik Kabupaten Lembata mengumpul dan mengolah 3 macam data utama yakni Data dasar, data sektoral dan data Khusus. “ ada 3 data utama yakni data dasar yaitu data yang pemanfaatannya untuk pemenuhan kebutuhan pemerintah maupun masyarakat luas yang penyelenggaraannya hanya dilakukan oleh pihak Badan Pusat Statistik, data sektoral yaitu data yang pemanfaatannya untuk pemenuhan kebutuhan dinas dan instansi pemerintah dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya, sedangkan data khusus yakni data yang pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau instansi tertentu dalam rangka pemenuhan suatu penelitian.

Untuk saat ini pembinaan dan pengelolaan data sektoral menjadi tugas dinas Kominfo kabupaten Lembata.
Dalam menjalankan tugas pendataan yang paling penting untuk dipahami menurut kepala BPS adalah pemahaman terhadap konsep dan definisih sebagai pemahaman dasar dalam pengisian format dan pengelolaan data. Untuk itu yang terpenting bagi seorang petugas pendata adalah Pendidikan dan pelatihan.

Menjawabi pertanyaan kepala Seksi Statistik Kamrin Bunga, S.Pt soal ada perbedaan data yang terjadi dari hasil yang dihimpun BPS dan data yang ada di dinas instansi, Kepala BPS menegaskan saat ini forum telah dibentuk dan data telah terampung dan jika ada perubahan data maka Instansi yang bersangkutan harus mengklarifikasi kembali datanya.

Menyaksikan pemapran data statistik, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Kepala Badan Pusat Statisyik Kabupaten Lembata serius memperhatikan pemaparan data statistik di Kabupaten Lemabata dalam kegiatan Seminar Forum Group Discation ( Foto Dok. Kominfo)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata, Markus Labi,S.Sos pada kesempatan evaluasi tersebut menyatakan rasa terima kasihnya kepada Kepala BPS Kabupaten Lembata bersama unsur pimpinan dan staf yag telah bekerja sama mensukseskan kegiatan Forum Group Discution sambil mengharapkan agar kerja sama yang baik tersebut dapat dilanjutkan untuk mewujudkan komitmen membangun Lembata Satu Angka pada tahun-tahun yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *